cover
Contact Name
Fidyah Yuli Ernawati
Contact Email
fidyah.yuli13@gmail.com
Phone
+6285799656290
Journal Mail Official
jurnal@stiesemarang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
ISSN : 20855656     EISSN : 22527826     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG can be in English or Indonesian. The scopes of the topics include (1) Accounting Science (2) Management Science (3) Economic Science. Editorial Team welcome submissions of papers describing from researchers, practitioners, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting science, management science and economic Science.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011" : 8 Documents clear
PROFIT SENSITIFITY ANALYSIS UNTUK KOPERASI JASA KEUANGAN Sudarwanto, Adenk
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2770.676 KB)

Abstract

Profit   Sensitifity   Analysis   (PSA),   merupakan   salah   satu   alat  pengukuran lanerja  manajeman   dalam  bidang  keuangan   dan  produktivitas    tenaga  kerja  yang berbasis pada  Sistem Anggaran  Berbasis  Aktivitas  (activity  based budgeting)  sebagai implementasi   atas pelaksanaan   aktivitas  bisnis yang  dijalankan  perusahaan.     Oleh karena   itu  sasaran   strategik  perusahaan    harus   bersifat   kuantitatif,   terukur  yang dijabarkan       dalam  bentuk  Anggaran   Berbasis   Aktivitas.     Pola   anggaran   berbasis aktivitas  ini merupakan  alat pengendali   sekaligus  pedoman   bagi  manajemen   dalam melakukan   aktivitas   bisnisnya.   Perubahan    dalam   elemen   biaya   karena   adanya akiivitas  akan berdampak  terhadap pencapaian  sasaran.  Artinya  biaya yang  memiliki sift!      sensitif    terhadap    pencapaian     usaha    karena    peru bah an    aktivitas    akan mempengaruhi  tingkat profitabilitas  perusahaan
QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) Suhardi, Suhardi
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1916.826 KB)

Abstract

Quantitative   Strategic   Planning   Matrix   (  QSPM  ),  merupakan   desain  strategi  yang dirumuskan   oleh  manajemen   dalam  menetukan  pilihan   alternative  yang   tersedia,  sehingga akan  memberikan  gambaran   hasil  bagi  manajemen   untuk  mementukan   apa  dan  bagaimana  , kapan  dan dimana  serta  oleh siapa  QSPM  harus dijalankan.  Oleh sebab  itu dalam perumusan strategi   manajemen   hams   memiliki   keyakinan     tentang   hasil  yang   akan  dicapai.   Hal  ini mengingat  pengukuran   kuantitatif   memberikan   gambaran   nyata  ten tang  langkah  yang  harus dilakukan  sesuai  dengan  perencanaan   yang  telah  ditetapkan.   Oleh  karena  manajemen  harus berpedoman  dan berpegang  pada   " If we can mesuare  it, We can manage  it. If we can manage it , we can achieve  it "
PEMAHAMAN FILOSOFI, SEJARAH DAN IDEOLOGI KOPERASI l\lIEMPERKOKOH SERTA PEMPERKUAT KETAHANAN PENGELOLAAN KOPERASI SESUAI JATI DIRINYA Warsono, Warsono
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3281.67 KB)

Abstract

Perubahan   adalah  merupakan   syarat  untuk  mencapai  kemajuan.   Walaupun  kemajuan sendiri   tidak   menjamin   untuk   mencapai   kemajuan.   Begitu   pula   Koperasi,   perubahan .lJIII!!!Rgelolaan    mullak  diperlukan.  Jati diri koperasi  adalah karakter  dan identitas  Koperasi  yang lleisilmn  pengertian     tentang   jilosoji,    nilai   dasar   dan   Prinsip-   prinsip    Koperasi    yang Bemberilmn   pedoman,   garis  -  garis  besar  tata  kelola  dan pengelolaan   Koperasi,   sehingga dJpal memhetlaknn    antara   pelaku    ekonomi   Koperasi    dan  pelaku    ekonomi   yang   bukan Iloperas;_ Pertumbuhan,   Perkembangan   dan Kemajuan  Koperasi  tidak saja hanya  dinilai  dari ~~PrJ.()T.t1emegahan    semu   tetapi  di  nilai  dari  seberapa   besar   manfaat   koperasi   terhadap ~/lJ             dan' .Ilngkungannya  dalam mencapai  tujuannya.  (kesejahteraan)
AKUNTANSI, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PUBLIK Setiyanti, Sri Wiranti
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1838.453 KB)

Abstract

Local   government   financial    reports   that   are   generated    through   the  process    of accounting  is a form  of transparency  and accountability   in public financial  management.   To be able to produce financial  statements  that the better  (the challenge)  required  skilled  accounting personnel  in local governments.   this can be done through  the activities  of technical  accounting guidance for  local government  employees  who are assigned  as a financial   manager  or through the recruitment  of new employees  who have the ability  of local financial   accounting. In  addition  to skilled  accounting  personnel,   it also  needed  a system  and procedures adequate bookkeeping  and accounting policies  to guide staff in managing  local financial.
IMPLIKASI RISET AKUNT ANSI KEPERILAKUAN TERHADAP PENGEMBANGAN AKUNT ANSI MANAJEMEN Sujadi, Sujadi
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1838.453 KB)

Abstract

Behavioral    accounting    research    (behavioral    accounting    research   /   BAR)   is   an emerging    research   field.    Behavioral    accounting    research    in   the  field    of   management accounting   such  as budgeting   research  is initiated  by Argyris  (1952)  who  conducted  a field study  about  the budget process.  In the present  development  of accounting  behavioral  research in  the field   of  management   accounting   has  developed   in  the  research  and  testing  of  new concepts  in management   accounting.   The results  of behavioral  accounting  research  is to test new   concepts   in  management    accounting   such   as  activity   based   management.   customer orientation,    cross-functional    perspective.    total   quality   management.    time   as   competitive element.  and  E-business   efficiency,  the ABC  system.  and  the balanced  scorecard  is expected will provide   a development   of  theories  of management  accounting   to be a better  theory  and believed   its  implementation    would   benefit   the  company.   Through   behavioral   accounting research  in management  accounting  is expected  to give birth a new concept or theory.
MENGAPA PERLU A KUNT ANSI FORENSIK Heridiansyah, Jefri
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5637.569 KB)

Abstract

Akuntansi  Forensik  merupakan  suatu  super  spesialisasi  bagi seorang  akuntan.  Auditor adalan  akuntan  yang  berspesialisasi   dalam  audit  atas  laporan  keuangan.  Akuntansi  Forensik adalah  auditor yang  lebih khusus  lagi spesialisasinya  pada  korupsi.  Mengapa  perlu  akuntansi forensik   karena  adanya  korupsi,  baik itu berupa potensi  korupsi  maupun  nyata-nyata  adanya korupsi.  Karena  korupsi  menghancurkan  pemerintah   maupun  bisnis serta pendidikan  pun  ikut dirusaknya.  Akuntansi  Forensik  mengamati  dan memahami  gejala  korupsi  secara  makro pada tingkat perekonomian   negara.
PENY AJIAN AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM LAPORAN KEUANGAN Warno, Warno
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3404.715 KB)

Abstract

The existence  of the concept  of CSR requires  companies  to have a broader  view is that companies   also  have  responsibilities    towards   other  parties   such  as  employees,   suppliers, consumers,  local communities,  society  at large, governments,   and groups  - other groups.  11 In this case,  if the previous footing   limited  liability  company  only at the financial   side only (single bottom  line),  now  known  as  the concept  of'triple    bottom  line',  namely  that  the  responsibility rests on three  basic  companies,  namely: financial,   social  and environmental   or also known  as 3P                                         (profit,                                         people,                                          planet). CSR  report  is a part  that  can  not  separate   the  components   of financial   statements. Where  in Indonesia   the components   complete financial   statements   based  on SFAS  1 (revised 2009)   consists   of  statements    of  financial    position    of   the   end   of   the  period,    reporting comprehensive   income,  changes  in equity, statement  of changes  in financial  position,  statement of financial   position   of  the  beginning   of  the period   and  notes  to financial   statements.   CSR reports separatelyfrom    the components  of financial  statements
MANAJEMEN PERUBAHAN Wanuri, Wanuri
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011
Publisher : JURNAL STIE SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1937.293 KB)

Abstract

  Change  management   is a science  and art to make changes  to the Planning  Organizing an effective  action  by distributing   the appropriate  human  resources  in managing  change.  Later in  the  implementation    of  changes  should   be  made  pengawan   tersbut  for   susuai   with  that planned  for  the achievement  of company  objectives. Leader  or  manager  must  be able  to provide   motivation   to  its staff  that  change  is a requirement   that must  be done  to change  a oraganisasi  can succeed.  J Harold  organizational change   approach   Leavit   stated   that   the  organization    can   be  changed   by  the  structure approach,  the approach  of technologies  and approaches  oranya. Leaders  must be able  to understand  the resistance  to individuals  in an organization   or company,  individual  resistance  include,  Habit  / Habitat,  Economic  Factors,  Safety  / Security, Worry About  Ketidakpastia  Apreori  Perception

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 16 No 1 (2024): Jurnal STIE SEmarang Vol 15 No 3 (2023) Vol 15 No 2 (2023) Vol 15 No 1 (2023) Vol 14 No 1 (2022): VOLUME 14 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2022 Vol 14 No 3 (2022) Vol 14 No 2 (2022) Vol 14 No 1 (2022) Vol 13 No 3 (2021): VOLUME 13 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2021 Vol 13 No 2 (2021): Vol 13 No 2 (2021) Bulan Juni Vol 13 No 1 (2021): VOLUME 13 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2021 Vol 13 No 3 (2021) Vol 13 No 2 (2021) Vol 13 No 1 (2021) Vol 12 No 2 (2020): Volume 12 No 2 Edisi Juni 2020 Vol 12 No 1 (2020): Volume 12 No 1 Edisi Februari 2020 Vol 12 No 3 (2020) Vol 11 No 03 (2019): VOLUME 11 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2019 Vol 11 No 02 (2019): VOLUME 11 NOMOR 2 EDISI JUNI 2019 Vol 11 No 1 (2019): VOLUME 11 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2019 Vol 11 No 1 (2019): VOLUME 11 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2019 Vol 10 No 3 (2018): VOLUME 10 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2018 Vol 10 No 3 (2018): VOLUME 10 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2018 Vol 10 No 2 (2018): VOLUME 10 NOMOR 2 EDISI JUNI 2018 Vol 10 No 2 (2018): VOLUME 10 NOMOR 2 EDISI JUNI 2018 Vol 10 No 1 (2018): VOLUME 10 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2018 Vol 10 No 1 (2018): VOLUME 10 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2018 Vol 9 No 3 (2017): Vol 9 No 3 (2017): VOLUME 9 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2017 Vol 9 No 3 (2017): Vol 9 No 3 (2017): VOLUME 9 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2017 Vol 9 No 2 (2017): VOLUME 9 NOMOR 2 EDISI JUNI 2017 Vol 9 No 2 (2017): VOLUME 9 NOMOR 2 EDISI JUNI 2017 Vol 9 No 1 (2017): VOLUME 9 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2017 Vol 9 No 1 (2017): VOLUME 9 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2017 Vol 8 No 3 (2016): VOLUME 8 NO 3 EDISI OKTOBER 2016 Vol 8 No 2 (2016): VOLUME 8 NOMOR 2 EDISI JUNI 2016 Vol 8 No 1 (2016): VOLUME 8 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2016 Vol 7 No 3 (2015): VOLUME 7 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2015 Vol 7 No 3 (2015): VOLUME 7 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2015 Vol 7 No 2 (2015): VOLUME 7 NOMOR 2 EDISI JUNI 2015 Vol 7 No 2 (2015): VOLUME 7 NOMOR 2 EDISI JUNI 2015 Vol 6 No 3 (2014): VOLUME 6 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2014 Vol 6 No 3 (2014): VOLUME 6 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2014 Vol 6 No 2 (2014): VOLUME 6 NOMOR 2 EDISI JUNI 2014 Vol 6 No 1 (2014): VOLUME 6 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2014 Vol 6 No 1 (2014): VOLUME 6 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2014 Vol 5 No 3 (2013): VOLUME 5 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2013 Vol 5 No 2 (2013): VOLUME 5 NOMOR 2 EDISI JUNI 2013 Vol 5 No 2 (2013): VOLUME 5 NOMOR 2 EDISI JUNI 2013 Vol 5 No 1 (2013): VOLUME 5 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2013 Vol 4 No 3 (2012): VOLUME 4 NOMER 3 EDISI OKTOBER 2012 Vol 4 No 3 (2012): VOLUME 4 NOMER 3 EDISI OKTOBER 2012 Vol 4 No 2 (2012): VOLUME 4 NOMOR 2 EDISI JUNI 2012 Vol 4 No 2 (2012): VOLUME 4 NOMOR 2 EDISI JUNI 2012 Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012 Vol 3 No 3 (2011): VOLUME 3 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2011 Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011 Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011 Vol 2 No 3 (2010): VOLUME 2 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2010 Vol 2 No 2 (2010): VOLUME 2 NOMOR 2 EDISI JUNI 2010 Vol 2 No 1 (2010): VOLUME 2 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2010 Vol 1 No 3 (2009): VOLUME 1 NOMOR 2 EDISI OKTOBER 2009 Vol 1 No 2 (2009): VOLUME 1 NOMOR 2 EDISI JUNI 2009 Vol 1 No 1 (2009): VOLUME 1 EDISI KHUSUS 2009 More Issue